Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Bahan Alami [Tradisional]

Penyakit batu ginjal memang memiliki nama yang terdengar seperti kiasan, namun aktualnya memang demikian. Jadi di dalam organ ginjal karena suatu faktor terbentuk endapan mineral yang perlahan menggumpal, mengeras, dan kemudian terbentuk seperti batu. Adanya endapan ini adalah kondisi abnormal dan bisa memunculkan rasa sakit.

Sebab batu ginjal yang terbentuk bisa menyebabkan peradangan di organ ginjal dan menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit juga bisa dialami ketika batu yang terbentuk menghalangi aliran urin. Sehingga menyulitkan pasien dalam berkemih, terasa panas dan sakit yang sangat.

Mengatasi kondisi batu ginjal bisa dilakukan dengan banyak cara, selain tindakan medis bisa pula memakai pengobatan tradisional. Adapun cara mengobati batu ginjal secara tradisional umumnya mengandalkan bahan alami. Terdapat sejumlah bahan alami yang bisa mengecilkan atau mengikis batu ginjal secara perlahan. Berikut ulasannya.

Cara Tradisional Mengobati Batu Ginjal 

Pengobatan tradisional untuk batu ginjal bisa mengandalkan sejumlah bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, seperti:

ISK

1. Air Putih 

Obat alami pertama yang bisa dipilih untuk membantu mengatasi batu ginjal adalah dengan air putih. Jadi minum air putih sebanyak mungkin sudah diketahui menjadi obat alami batu ginjal dan banyak disarankan. Sebab dengan banyak minum air maka tubuh memiliki kemampuan untuk memecah kelebihan mineral, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.

Hanya saja air putih tidak serta merta langsung menghancurkan batu ginjal, sebab asupan air hanya membantu tubuh melarutkan batu ginjal yang terbentuk. Itupun secara perlahan dan perlu diimbangi gaya hidup sehat agar tidak ada pembentukan batu ginjal baru. Sehingga batu ginjal yang sudah terbentuk bisa terkikis dengan sempurna.

2. Cuka Apel 

Pernah mendapat rekomendasi menggunakan cuka apel sebagai cara mengobati batu ginjal secara tradisional atau alami? Tidak keliru memang untuk diterapkan, karena di dalam cuka apel sendiri terkandung asam asetat yang bisa membantu mengikis batu ginjal.

Selain itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh BJU International juga diketahui. Bahwa kandungan khas di dalam hasil fermentasi buah apel ini juga membantu mengatasi peradangan pada ginjal. Sehingga bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat radang di ginjal sebagai efek terbentuknya endapan mineral di dalamnya.

3. Air Lemon 

Lemon yang merupakan salah satu jenis buah sitrus juga bisa dijadikan obat alami untuk batu ginjal. Hal ini sesuai dengan yang dituliskan di dalam Harvard Health Publishing bahwa lemon mengandung asam sitrat. Asam jenis ini diketahui mampu mencegah pembentukan batu ginjal.

Apabila pembentukannya bisa dihentikan, maka dengan gaya hidup sehat batu ginjal yang sudah terlanjur terbentuk akan terkikis perlahan. Misalnya saja dengan minum air putih yang banyak dan menghindari makanan pencetus batu ginjal. Jika bosan dengan air putih yang tawar maka bisa ditambahkan beberapa sendok makan perasan lemon.

4. Seledri 

Rajin minum jus seledri ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan dari informasi terbaru disebutkan jika kandungan senyawa tertentu di dalam daun dan batang seledri bisa membantu mengikis batu ginjal. Sehingga seledri disebut sebagai salah satu obat untuk penyakit di ginjal tersebut.

Selain itu diketahui pula bahwa di dalam seledri terkandung antioksidan yang tinggi. Efek antioksidan ini sangat menguntungkan, salah satunya bisa meningkatkan produksi urin. Sehingga membantu mengikis endapan batu ginjal secara alami dan ikut keluar bersama urin saat berkemih.

5. Buah Delima 

Buah delima sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidannya yang tinggi diketahui bagus untuk menjaga kesehatan organ ginjal. Sekaligus membantu mencegah pembentukan batu ginjal, sehingga bagus untuk dikonsumsi rutin sebagai cara mengobati batu ginjal secara tradisional. Selain dimakan langsung juga bisa dibuat jus terlebih dahulu.

6. Rumput Gandum 

Rumput gandum atau yang dikenal dengan istilah wheatgrass diketahui mengandung sifat diuretik. Selain melancarkan buang air kecil juga membantu meluruhkan batu ginjal bersama urin saat buang air kecil tersebut. Kandungan nutrisi lain di dalam rumput gandum diketahui juga bagus untuk kesehatan organ ginjal.

Cara Memaksimalkan Pengobatan Tradisional

Mendukung pengobatan alami terhadap batu ginjal Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

1. Hindari Kafein 

Mendukung metode atau cara mengobati batu ginjal secara tradisional maka penting untuk menghindari makanan pencetus batu ginjal. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti pada kopi maupun soda dan coklat. Konsumsi kafein bisa memperparah pembentukan endapan sehingga ukuran batu ginjal semakin membesar.

Kondisi ini dapat terjadi karena kafein bisa meningkatkan kadar kalsium di dalam urin. Kalsium sendiri masuk ke dalam jenis mineral yang bisa mengendap di dalam organ ginjal. Oleh sebab itu selama masa pengobatan sebaiknya menghindari asupan ini, dan akan lebih baik dihindari seumur hidup. Mengingat orang dengan batu ginjal rentan mengalami kekambuhan.

2. Menghindari Makanan Tinggi Oksalat 

Makanan lain yang juga berpotensi memperparah pembentukan batu ginjal adalah makanan yang mengandung oksalat yang tinggi. Bisa ditemukan pada sayur bayam, bit, almond, dan lain sebagainya. Makanan dengan kandungan oksalat sebaiknya dihindari sama sekali, supaya bahan alami untuk mengikis batu ginjal bisa bekerja dengan optimal.

3. Membatasi Protein Hewani 

Dalam kondisi normal seseorang akan tetap aman menyantap makanan tinggi protein, apalagi jika dalam masa pembentukan massa otot. Namun kondisi ini tidak berlaku untuk pasien batu ginjal. Sebab protein masuk ke dalam jenis zat yang bisa mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal.

Oleh sebab itu, apabila menjalani cara mengobati batu ginjal secara tradisional maupun secara medis. Asupan protein perlu dijaga dengan ketat dan biasanya disesuaikan dengan berat badan. Oleh sebab itu perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui batas aman asupannya.

Pola makan sehat dengan menghindari makanan yang berpotensi memperparah pembentukan batu ginjal adalah hal penting. Sehingga bisa mendukung proses penyembuhan secara maksimal. Apalagi metode pengobatan tradisional dengan bahan alami cenderung membutuhkan waktu lebih lama. Oleh sebab itu, usahakan untuk menjaga pola makan dengan menghindari makanan atau asupan di atas. Sekaligus rutin mengkonsumsi bahan alami yang berfungsi sebagai obat batu ginjal.

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan atau masalah mengenai cara mengobati batu ginjal menggunakan obat herbal

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.