Senyawa Andrographolide Untuk Penderita Penyakit Ginjal

demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Andrographolide untuk penderita penyakit ginjal paling manjur. Pasalnya kandungan andrographolide pada tanaman sambiloto ini memiliki tingkat kesembuhan dan manfaat yang luar biasa. Zat andrografolide pada sambiloto akan banyak ditemukan pada bagian batang. Sementara di bagian daun berkhasiat anti radang, antivirus dan antibakteri. Sayangnya, sambiloto memiliki rasa yang pahit.

Namun kini zat andrographolide banyak yang sudah dikemas dalam bentuk tablet, suplemen atau obat herbal yang memang didedikasikan oleh pasien yang memiliki penyakit ginjal. Nah, sebagai pengetahuan dasar, berikut cara kerja dan kenapa Andrographolide untuk penyakit ginjal.

Bagaimana Cara Kerja Andrographolide Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Andrographolide merupakan senyawa bioetanol diterpenoid yang banyak ditemukan di tanaman herbal, salah satunya pada tanaman Sambiloto. Adapun cara kerja andrographolide untuk penderita penyakit ginjal, yaitu sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti aterosklerosis, sebagai hipoglikemik dan anti kanker.

Andrographolide termasuk antioksidan yang dapat memutus rantai peroksidasi lipid. Jadi di struktur andrographolide memiliki hidrogen alilik pada atom karbon C-11 yang berperan untuk memutus peroksidasi lipid.

Andrographolide mendonasikan hidrogen aliliknya untuk berasangan dengan elektron tak berpasangan dari radikal bebas. Kemudian dalam rangka menangkal radikal bebas yang terbentuk, maka andrographolide akan mengeliminasi pengaruh kereaktifan CCI4 dengan menurunkan energi ikatan antara radikal bebas dengan reseptor yang ada dalam hepar.

Kenapa Penderita Ginjal Butuh Andrographolide?

Salah satu alasan kenapa penderita yang mengalami sakit ginjal butuh andrographolide karena senyawa ini memang memiliki khasiat yang luar biasa. Pasalnya andrographolide efektif bisa menghancurkan batu ginjal, nanah dalam saluran kencing. Termasuk juga buat penderita ginjal yang sudah berdarah di dalam saluran kencingnya.

Jadi, secara tidak langsung khasiat andrographolide pada sambiloto sebagai diuretik sekaligus sebagai meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah sakit yang diakibatkan oleh radikal bebas yang masuk di dalam tubuh.

Andrographolide Untuk Penyakit Apa Saja?

Penyakit ginjal dapat menimpa siapa saja, tanpa terkecuali. Adapun penyebab atau ciri-ciri penyakit ginjal yang paling umum dirasakan, diantaranya terjadi penyakit autoimun yang tidak terkontrol, infeksi saluran kemih yang parah, mengkonsumsi bahan-bahan yang bersifat nefrotoksik (makanan yang berbahaya untuk ginjal) dan bisa saja disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik.

Setidaknya dari beberapa penyebab penyakit ginjal tersebut, tidak ada salahnya untuk menjaga tubuh jauh-jauh hari. Adapun jika sudah terlanjur terkena, maka Anda perlu menghindari makanan dan obat-obatan yang mengganggu ginjal, selalu kontrol tekanan darah.

Pasalnya selain bermanfaat untuk penyakit ginjal, zat andrografolida bagus untuk mengobati beberapa penyakit seperti gejala influenza, meningkatkan imunitas, meredakan peradangan, meredakan demam, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.