Manfaat Buah Mengkudu untuk Diabetes atau Gula Darah

manfaat buah mengkudu untuk kesehatan
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Berbagai penelitian yang mengungkapkan bahwa manfaat buah mengkudu untuk diabetes karena buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Buah mengkudu memiliki kandungan zat yang perlu diakui membuatnya bermanfaat untuk kesehatan. Kalium adalah salah satu kandungan tertinggi di dalam buah mengkudu dan termasuk jenis mineral. Melalui berbagai penelitian, buah mengkudu memiliki manfaat berikut untuk kesehatan

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan:

  1. Membantu mempertahankan atau meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan kalium yang tinggi di dalam mengkudu.
  2. Membantu meredakan rasa mual bagi pasien yang baru saja menjalani operasi. 
  3. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan konsumsi 4 ons per hari. 
  4. Membantu meredakan rasa sakit pada pasien osteoarthritis
  5. Membantu mengontrol kadar gula dalam darah. 

Kandungan mineral di dalam buah mengkudu memang menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan. Hanya saja pada beberapa kondisi konsumsinya perlu dihindari, khususnya untuk pasien liver maupun ginjal. Sebab asupan kalium berlebihan dari mengkudu bisa memperparah kondisi ginjal, liver, dan jantung. 

Benarkah Buah Mengkudu Bagus untuk Gula Darah? 

Salah satu manfaat yang disebutkan di atas dari buah mengkudu adalah untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Benarkah demikian? Terdapat beberapa hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat buah mengkudu untuk diabetes. Diantaranya adalah: 

Hasil Studi dalam Jurnal Nigerian Quarterly Journal of Hospital Medicine

Melalui jurnal Nigerian Quarterly Journal of Hospital Medicine diketahui bahwa kandungan buah mengkudu efektif dalam mendukung perawatan insulin (pada pasien diabetes). Penelitian yang dimuat di jurnal ini dilakukan oleh tim di University of The West Indies

Penelitian dilakukan dengan hasil fermentasi jus buah mengkudu yang kemudian disuntikan ke tubuh tikus mentis. Tikus berada dalam kondisi diabetes dan diberi suntikan jus buah mengkudu sebanyak 2 ml/kg berat tikus selama 20 hari. Tikus lain yang dialami juga dalam kondisi diabetes diberi obat hipoglikemik glibenklamid

Kedua tikus diabetes ini setelah 20 hari diamati ternyata mengalami penurunan kadar gula dalam tubuhnya. Maka dari hasil penelitian tersebut,  ditarik kesimpulan bahwa buah mengkudu memiliki senyawa yang khasiatnya sama atau nyaris sama dengan obat diabetes. 

Hasil Studi dalam Jurnal Journal of Wound Care

Melalui jurnal Journal of Wound Care diketahui pula bahwa buah mengkudu memiliki efek positif dalam mempercepat penutupan luka. Penelitian dilakukan pada Februari 2007 dan menggunakan tikus mentis diabetes. Tikus tersebut kemudian diberikan jus buah mengkudu sebanyak 100 ml/kg berat badan. 

Pemberian jus buah mengkudu dilakukan selama 10 hari, dan didapati bahwa kadar gula darah tikus tersebut mengalami penurunan hingga 29%. Luka yang dialami tikus diabetes tersebut pun terlihat membaik hingga 73%. Melalui penelitian ini maka bisa disimpulkan bahwa buah mengkudu yang dikonsumsi dengan takaran tepat dan teratur bisa membantu mengatasi luka diabetes. 

Penelitian di atas tentu masih perlu penelitian lanjutan untuk membuktikan khasiat atau efektivitas buah mengkudu dalam mengatasi gula darah berlebih. Selain itu penting untuk tidak menjadikan buah mengkudu sebagai pengganti obat diabetes yang diresepkan dokter. Sebab masih diperlukan uji klinis untuk memastikan buah mengkudu bisa dijadikan obat diabetes. 

Tips Manajemen Gula Darah bagi Pasien Diabetes 

Buah mengkudu baik dikonsumsi langsung maupun dibuat jus tanpa tambahan gula bisa dilakukan pasien diabetes. Sebab merujuk dari beberapa penelitian memang buah mengkudu memiliki efek positif pada gula darah tinggi. Hanya saja akan kurang bijak jika hanya mengkonsumsi buah ini untuk menangani penyakit diabetes yang berdiam di badan. 

Pasien tetap dianjurkan untuk melakukan manajemen terhadap kadar gula dalam darah, untuk mengimbangi asupan buah mengkudu tersebut. Misalnya adalah dengan beberapa tips di bawah ini: 

Konsumsi Obat Dokter yang Sudah Teruji Klinis 

Buah mengkudu perlu diproses dan kemudian diatur takaran atau dosis konsumsinya untuk bekerja efektif mengontrol gula darah. Maka pasien diabetes tetap perlu mengkonsumsi obat dari dokter yang sudah teruji secara klinis. Bisa pula mengkonsumsi herbal mengandung ekstrak mengkudu yang sudah memiliki izin edar BPOM dan teruji klinis juga. 

Suntik Insulin Bisa Dijadikan Pilihan 

Obat minum membutuhkan kedisiplinan, apabila kurang nyaman atau mungkin sering lupa. Maka pasien bisa menjadikan metode suntik insulin rutin sebagai pilihan, yang tentu dilakukan di bawah pengawasan dokter. Biasanya proses suntik insulin bisa dilakukan sendiri di rumah, namun dengan dosis yang diatur dokter bukan sekedar memakai perasaan. 

Manajemen Asupan Makanan 

Asupan makanan memegang kunci krusial dalam mengatur kadar gula dalam darah, baik pada diabetes tipe 1 maupun 2. Sebab asupan makanan yang tidak terkontrol akan membuat kinerja obat maupun suntik insulin menjadi sia-sia tanpa memberi manfaat. 

Manajemen Aktivitas Fisik 

Pasien diabetes tetap dianjurkan untuk melakukan manajemen aktivitas fisik. Maksudnya disini adalah dengan mengatur tubuh agar tetap aktif bergerak, yakni dengan rutin berolahraga. SIlahkan mencoba olahraga ringan terlebih dahulu dan konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui olahraga seperti apa yang aman dilakukan. 

Buah mengkudu memang diyakini masyarakat sejak dulu memiliki manfaat lebih bagi kesehatan. Termasuk pula untuk diabetes yang dengan konsumsi buah ini secara rutin bisa membantu menstabilkan gula darah. Hanya saja buah mengkudu dengan segala manfaatnya tentu tidak bisa menggantikan fungsi obat diabetes yang sudah teruji klinis. 

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum rutin mengkonsumsi buah mengkudu, agar kadar gula darah terkontrol dan organ vital di dalam tubuh tidak bermasalah. Apabila memang sudah terbiasa mengkonsumsi buah ini, maka silahkan diatur porsinya. Supaya manfaat buah mengkudu untuk kesehatan bisa didapatkan sekaligus menghindari efek sampingnya. 

Namun jika informasi diatas masih membuat anda kurang yakin manfaat buah mengkudu untuk diabetes, anda dapat konsultasi ke dokter. Namun jika Anda takut atau malu ke dokter kami Autoimun Care mempunyai fasilitas konsultasi gratis.

https://www.researchgate.net/profile/Elin_Sukandar/publication/266587793_Uji_Aktivitas_Antidiabetes_Ekstrak_Etanol_Buah_Mengkudu_Morinda_citrifolia_L/links/54c05cfc0cf28eae4a696a2f.pdf

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.