8 Cara Mengobati Diabetes Kering Mudah dan Efisien

Cara Mengobati Diabetes Kering
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Cara pengobatan diabetes kering sebenarnya tidak jauh beda dengan pengobatan diabetes pada umumnya. Yang paling penting dalam cara mengobati diabetes kering adalah melakukan polah hidup yang lebih sehat.

Di dalam dunia kedokteran, istilah diabetes basah dan diabetes kering sebenarnya tidak ada. Penyakit ini terbagi menjadi diabetes tipe-2, diabetes tipe-2 dan diabetes di usia muda (MODY). Masyarakatlah yang ‘menciptakan’ istilah diabetes basah dan diabetes kering untuk menggambarkan kondisi luka (gangrene) pada penderita. Luka tersebut merupakan komplikasi dari diabetes.

Pada diabetes kering, luka terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah akibat gula darah tinggi berkepanjangan yang menyebabkan sirkulasi darah terganggu dan luka menjadi sulit sembuh. Ini karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan di sekitar luka, agar luka cepat sembuh. Jika aliran darah terhambat maka aliran oksigen ke jaringan sel pun akan terganggu atau bahkan bisa mati.

Sedangkan yang dimaksud dengan diabetes basah adalah diabetes dengan luka berbentuk basah akibat suatu infeksi. Luka diabetes yang sudah terinfeksi oleh bakteri akan mengeluarkan nanah di atasnya. Permukaan basah itulah yang memunculkan istilah diabetes basah.

Diabetes kering terjadi karena ada kerusakan pembuluh darah akibat hiperglikemia berkepanjangan. Kondisi ini menjadikan sirkulasi darah terhambat dan luka susah sembuh. Orang yang mengalami diabetes kering cenderung lebih kurus, karena menggunakan lemak sebagai tenaga.

Yuk lakukan cara mengobati diabetes kering agar cepat sembuh.

1. Diet Ketogenik

Diet ketogenik merupakan diet yang tinggi lemak, tinggi protein dan rendah karbohidrat. Sehingga tubuh akan membakar lemak dan menggunakan hasilnya yaitu badan keton untuk sumber energi. Untuk menggantikan fungsi glukosa menjadi badan keton dalam tubuh dibutuhkan waktu 2-4 hari setelah mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat. Untuk diet keton ini asupan karbohidrat hanya dibatasi 30 gram per harinya.

2. Penuhi zat gizi

Selain memperhatikan kadar gula yang masuk, cara mengobati diabetes kering bagi orang yang mengalami diabetes harus memperhatikan kadar zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena penderita diabetes sering kali kekurangan berbagai zat gizi penting dibanding orang sehat.

Baca juga 9 Gejala Diabetes Kering Yang Harus Kamu Ketahui

3. Intermittent fasting

Selain diet ketogenik, cara mengobati diabetes selanjutnya yaitu dengan menjalankan diet puasa. Diet puasa memiliki beberapa metode yang bisa dilakukan, salah satunya dengan membagi 8 jam untuk makan dan 16 jam untuk berpuasa.

4. Pengobatan dokter

Melakukan pemeriksaan pada dokter merupakan melakukan cara mengatasi penyakit diabetes pada siapapun yang menderitanya cara yang efektif untuk melakukan pengobatan untuk menurunkan pada kadar gula darah yang ada didalam darah, bukan hanya untuk menurunkan pada kadar darah saja melainkan mampu memberikan resep obat oral dalam mengatasi penyakit diabetes.  Bisa juga dengan melakukan penyuntikkan pada hormon insulin yang berasal dari luar tubuh, cara tersebut sangatlah mudah sekali untuk menurunkan pada kadar gula darah yang semakin meningkat, bahkan dalam waktu singkat akan tetapi bukan cara yang tepat untuk menyembuhkan nya dari akarnya. 

5. Olahraga

Kegiatan yang dapat kita lakukan dalam mengatasi penyakit diabetes dengan cara alami baik yang terjadi pada orang dewasa maupun pada anak anak dengan melakukan olahraga. Kebanyakan orang yang tidak memperdulikan bagi kesehatannya, padahal olahraga sangatlah penting untuk mencegah dari banyaknya jenis penyakit yang ada didalam tubuh.  

Paling penting sekali untuk melakukan cara mengatasi penyakit diabetes dengan melakukan olahraga 30 menit, hal ini sangatlah penting untuk membuat metabolisme yang ada didalam tubuh menjadi lebih baik, dengan melakukan olahraga pun lemak yang ada didalam tubuh akan terbakar, dan pada kadar gula darah yang berlebihan bisa menjadi sangat normal. 

6. Minum Kopi

Minum kopi ternyata sangat bermanfaat dalam menurunkan resiko diabetes, karena dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan dari Harvad School of Public Health selama 18 tahun pada 126,210 pria dan wanita mengungkapkan bahwa pecinta kopi sangat beresiko kecil terhadap penyakit diabetes.  

Seseorang yang meminum kopi lebih dari 6 cangkir setiap harinya dapat menurunkan resiko diabetes sekitar 29-55%. Sedangkan meminum kopi sebanyak 4-5 cangkir setiap harinya dapat menurunkan resiko diabetes sekitar 29%.  Namun bagi seseorang yang hanya meminum kopi sekitar 2-3 cangkir kopi setiap harinya hanya dapat menurunkan resiko sebagian kecilnya saja. Untuk itu, lanjutkan minum kopi yang rendah gula setiap harinya agar anda dapat terhindar dari resiko diabetes. 

7. Edukasi

Mengatasi penyakit diabetes selanjutnya dengan melakukan edukasi, seperti pada anda yang gemar sekali memakan makanan yang manis, bersantan dan banyak mengandung minyak. Sebaiknya anda berhenti dalam asupan yang makanan tersebut, karena jika dibiarkan akan memperparah pada kesehatan anda. 

8. Diet sehat

Untuk cara mengatasi penyakit diabetes dengan melakukan diet sehat, dengan melakukan  cara ini maka anda sangatlah sayang pada kesehatan yang ada didalam tubuh, jika dibiarkan begitu saja akan memungkinkan anda lebih mengalami penyakit lainnya. Diabetes merupakan adanya kerusakan pada bagian hati anda.

Itulah 8 cara mengobati diabetes kering, untuk informasih lebih detail silahkan konsultasi ke dokter untuk masalah diabetes. Jika Anda malu atau takut kami Autoimun Care mempunyai fasilitas konsultasi gratis.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.