7 Cara untuk Mencegah dan Mengatasi Keluhan Flu di Pagi Hari

flu pagi

Last Updated on November 5, 2021 by Autoimuncare

Punya keluhan sering flu di pagi hari? Keluhan ini bisa dialami oleh anak-anak sampai orang dewasa karena memang penyebabnya sangat beragam. Flu pagi ini bisa berbentuk batuk dan bisa juga berbentuk hidung yang meler atau tersumbat. Pada beberapa kondisi, bisa juga mengalami kedua bentuk keluhan tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? 

 

Penyebab Flu Pagi Hari 

 

Sebelum mengetahui apa saja cara terbaik untuk mengatasi flu pagi hari, sebaiknya mengetahui duu apa saja penyebabnya. Jadi, penyebab dari flu yang muncul di pagi hari ini sangat beragam. Bisa karena kondisi tubuh dan bisa juga dari kondisi lingkungan atau ruangan yang dipakai tidur. Berikut penjelasan detailnya: 

  • Sinusitis 

Penyebab pertama dari keluhan flu yang dirasakan di waktu pagi adalah mengalami atau menderita sinusitis. Sinusitis adalah kondisi dimana dinding sinus mengalami peradangan yang kemudian memunculkan gejala flu. Sinus sendiri adalah rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. 

kanker nasofaring
Sumber: freepik

Sinusitis bisa dalam kondisi kronis yang kemudian memunculkan gejala mirip flu nyaris setiap hari. Pasien kemudian juga akan mengalami gejala berupa sakit tenggorokan karena tenggorokan yang mengalami peradangan. Jadi, jika di waktu pagi sering batuk dan pilek ada kemungkinan memiliki sinusitis. 

  • Rhinitis Alergi 

Penyebab umum berikutnya dari keluhan flu pagi hari adalah mengalami rinitis alergi. Dalam dunia medis, istilah ini digunakan untuk menyebut kondisi dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan saat terjadi kontak dengan alergen. 

 

Sehingga seseorang yang memiliki alergi di saluran pernafasan, misalnya alergi serbuk sari. Jika terjadi kontak dengan alergen maka akan memunculkan gejala bersin, batuk, bahkan pilek. Kondisi ini disebut dengan istilah rinitis alergi tadi dan tentu bisa menyebabkan gejala muncul saat bangun tidur di pagi hari. 

 

Jika memiliki alergi yang menyerang saluran pernafasan, maka saat tidur perlu menghindari berbagai jenis alergen. Baik itu serbuk sari dari bunga, hewan peliharaan yang berbulu seperti kucing maupun anjing, dan lain sebagainya. Sebab jika terjadi kontak selama tidur maka saat terbangun bisa mengalami flu. 

  • Rhinitis Vasomotor 

Penyebab flu saat pagi hari yang ketiga adalah kondisi rhinitis vasomotor, merupakan jenis rhinitis yang tidak disebabkan oleh alergi. Dialami oleh orang-orang yang mengalami peradangan di selaput hidung karena pembuluh darah di area hidung yang tergolong sangat sensitif. 

 

Mengetahui kondisi ini bisa diketahui dari ada tidaknya riwayat alergi, jika memang tidak pernah ada riwayat maka flu yang dialami di pagi hari bisa disebabkan oleh rhinitis vasomotor. Gejala yang timbul adalah bersin-bersin dan pilek atau hidung meler. Meskipun mengganggu, namun rhinitis vasomotor tidak berbahaya. 

  • Udara Kamar Terlalu Kering 

Selain disebabkan oleh sejumlah kondisi medis, keluhan flu di pagi hari juga bisa disebabkan oleh kondisi ruang kamar. Lebih tepatnya kondisi udara di kamar tempat pasien tidur. Udara kamar yang terlalu kering adalah penyebab yang paling umum, sebab bisa hidung kering karena lapisan lendir di dalam hidung juga mengering. 

pancaroba

Kondisi ini bisa terjadi karena perubahan suhu kamar yang terlalu mendadak, dan bisa juga dari efek penggunaan AC. AC membantu menurunkan suhu ruangan agar lebih sejuk dan nyaman. Hanya saja, AC juga bisa membuat udara di kamar lebih kering dan kemudian menyebabkan gejala flu setelah bangun tidur. 

 

Cara Mengatasi dan Mencegahnya 

 

Jika flu yang dialami di pagi hari disebabkan oleh masalah alergi atau ada gangguan sinusitis. Maka idealnya adalah menjauhi alergen, sedangkan untuk pasien sinusitis perlu fokus mengobati kondisi tersebut. Maka secara alami, keluhan flu yang sering dirasakan akan hilang dengan sendirinya. 

 

Mendukung pemulihan, dan mencegah serangan flu di pagi hari maka bisa juga melakukan beberapa cara berikut ini: 

  • Menjaga Suhu Kamar Tetap Hangat 

Cara pertama mengatasi dan mencegah keluhan batuk dan pilek di pagi hari adalah menjaga kamar dalam kondisi hangat. Sebab kondisi rhinitis jenis tertentu cukup sensitif dengan udara dingin. Sehingga menjaga suhu di kamar tetap hangat menjadi solusi terbaik. Jika selama ini terbiasa memakai AC, maka atur suhunya agar tetap hangat atau sengaja mematikannya di jam-jam tidur. 

  • Menjaga Kebersihan Kamar Tidur 

Selain suhu, masalah kualitas udara juga perlu diperhatikan di ruang kamar tidur. Kualitas udara yang buruk misalnya kotor dan terlalu banyak debu juga bisa memicu gejala flu setiap bangun tidur. Kondisi ini muncul karena saluran pernafasan tersumbat oleh debu yang beterbangan sepanjang malam. 

membersihkan diri
Sumber : Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Sehingga perlu menjaga kebersihan area kamar tersebut, dengan membersihkannya secara teratur. Kemudian di siang hari usahakan jendela kamar dibuka untuk mengurangi kelembaban dan juga menjaga sirkulasi udara tetap baik. Jika dilakukan, maka kualitas udara di dalam kamar akan terus membaik. 

  • Menjaga Kebersihan Peralatan Tidur 

Selain menjaga kebersihan kamar tidur, seseorang yang sering mengalami flu di pagi hari juga perlu menjaga kebersihan peralatan tidur. Peralatan tidur ini mencakup bantal, kasur, sprei, guling, dan juga boneka bagi yang tidur sambil memeluk boneka. Sebab peralatan tidur yang kotor bisa menyebabkan rhinitis kambuh dan menjadi flu di waktu pagi. 

  • Melakukan Olahraga Secara Teratur 

Cara selanjutnya adalah membangun kebiasaan rutin berolahraga, dan sebaiknya dilakukan setiap hari atau diatur sesuai kebutuhan. Kegiatan olahraga dapat membantu mengontrol sistem kekebalan tubuh agar tidak bereaksi berlebihan saat terjadi kontak dengan alergen. Sehingga bisa membantu mencegah flu yang dialami sewaktu bangun tidur. 

  • Minum Air Putih yang Cukup 

Minum air yang cukup membantu tubuh tetap dalam kondisi terhidrasi, sistem kekebalan tubuh lebih terkontrol, dan juga metabolisme tubuh dalam kondisi baik. Hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur sekaligus mencegah adanya gejala flu di pagi hari. Namun, jika memiliki penyakit yang harus membatasi jumlah minum seperti pasien ginjal maka perlu dikonsultasikan dengan dokter. 

  • Mencuci Lubang Hidung dengan Air Hangat di Pagi Hari 

Flu yang dialami di waktu pagi juga sering terjadi karena tubuh kedinginan saat mandi dengan air dingin. Solusinya adalah segera mencuci lubang hidung setelah bangun tidur memakai air hangat. Tujuannya agar tubuh tidak kaget dengan perubahan suhu air yang dipakai mencuci muka maupun mandi. 

  • Konsultasi dengan Dokter 

Jika setelah melakukan berbagai upaya yang disebutkan ternyata keluhan flu masih saja dialami. Maka sebaiknya segera menemui dokter untuk melakukan konsultasi dan menjalani pemeriksaan yang dibutuhkan. Sebab bisa jadi memang memerlukan obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi keluhan tersebut. 

 

Cara-cara di atas bisa digunakan untuk mengatasi maupun mencegah keluhan flu di pagi hari yang selama ini sering dirasakan. Jika ingin konsultasi lebih mengenai keluhan ini bisa menghubungi Konsultan Kesehatan PT Autoimun Care Indonesia melalui kontak 0822-4199-9699

 

sumber: 

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/flu-pagi-hari

https://kids.grid.id/read/472254135/4-penyebab-sering-bersin-dan-pilek-di-pagi-hari-salah-satunya-alergi?page=all

https://www.halodoc.com/artikel/pilek-pagi-hari-tanda-tanda-terserang-rhinitis-alergi-benarkah

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.