Perawatan Tumor yang Harus Diberikan kepada Pasien

perawatan tumor

Last Updated on November 5, 2021 by Autoimuncare

Perawatan tumor yang baik dan benar tentu perlu diberikan kepada penderita tumor. Perawatan yang tepat tidak hanya bisa diberikan oleh tenaga medis melainkan juga pihak keluarga. Sebab pasien tentu tidak hanya menjalani perawatan di lingkungan rumah sakit, melainkan juga di rumah. 

 

Perawatan yang tepat akan membantu pasien untuk bisa pulih kembali, apalagi jika pengobatan yang dijalankan cukup berhasil. Lalu, seperti apa bentuk perawatan yang sebaiknya diberikan oleh pihak keluarga kepada pasien? 

 

Apa Itu Tumor? 

 

Tumor adalah benjolan yang muncul akibat adanya aktivitas sel abnormal yang memperbanyak diri secara berlebihan. Hal ini dapat terjadi karena sel lama di dalam tubuh yang seharusnya mati dan digantikan dengan sel baru, ternyata masih dalam kondisi hidup. Padahal sel baru sudah tumbuh dan kemudian menumpuk, secara kasat mata akan membentuk benjolan. 

 

Pertumbuhan sel tumor bisa tumbuh di bagian tubuh manapun. Mulai dari tulang, rahang, mulut, kulit, dan lain sebagainya. Beberapa tumor masuk ke dalam kategori tumor jinak dan beberapa lagi yang lainnya menjadi tumor ganas. Tumor ganas yang terus berkembang berpotensi menjadi kanker dengan dampak yang lebih serius. 

 

Perbedaan antara tumor jinak dengan ganas adalah dilihat dari kerusakan yang disebabkan sel abnormal tadi. Pada tumor jinak, sel tumor hanya tumbuh di satu titik atau di satu jaringan sehingga tidak meluas. Sementara tumor ganas sebaliknya, pertumbuhan sel abnormal menyebar. 

 

Lalu, apa penyebab tumor? Tumor sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab utamanya. Namun dilihat dari banyak kasus yang terjadi, terdapat sejumlah faktor yang meningkatkan resiko sel tumor terbentuk. Diantaranya adalah: 

 

  • Memiliki pola makan yang buruk, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi pengawet, dan lain sebagainya. 
  • Paparan sinar matahari secara berlebihan. 
  • Infeksi virus atau bakteri, misalnya HPV, virus hepatitis, dan sebagainya. 
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan. 
  • Paparan radiasi akibat tindakan medis, seperti foto Rontgen atau CT scan.
  • Efek dari konsumsi obat-obatan imunosupresif, misalnya setelah tindakan transplantasi organ.
  • Memiliki kebiasaan merokok. 
  • Mengalami kondisi obesitas.
  • Paparan bahan kimia. 

 

Metode Pengobatan untuk Tumor

 

Perawatan tumor tentu tidak bisa dilepaskan dari pengobatan medis. Secara umum ada beberapa jenis pengobatan yang ditujukan untuk menangani tumor. Jenis dipilih disesuaikan dengan ukuran, jenis tumor, dan posisi atau titik dimana sel tumor tersebut tumbuh. Berikut detailnya: 

  • Operasi 

Tindakan medis yang pertama adalah tindakan operasi, yakni tindakan pembedahan di bagian tubuh yang diketahui menjadi lokasi sel tumor tumbuh. Tujuannya adalah mengangkat jaringan tumor yang terbentuk seaman mungkin. Sehingga bisa membantu mengangkat sel-sel yang masih aktif agar tidak menggangu jaringan di sekitarnya. 

  • Radiasi 

Pengobatan yang kedua adalah memberikan radiasi, yakni menggunakan sinar berenergi tinggi seperti sinar X untuk membasmi sel proton. Radiasi secara umum hanya dilakukan di area dimana sel tumor tumbuh. 

 

Namun, pada beberapa kondisi radiasi diberikan ke area lain di sekitarnya. Misalnya pada tumor ganas untuk mencegah sel tumor menyebar lebih luas lagi. Atau untuk mengantisipasi kemungkinan sel tumor sudah menyebar dan tumbuh di area sekitarnya. 

  • Kemoterapi 

Perawatan tumor secara medis juga bisa dengan memberikan pasien kemoterapi, sebagaimana kemoterapi pada pasien kanker. Kemoterapi sendiri adalah sejenis terapi menggunakan obat-obatan tertentu yang bisa membantu memerangi sel tumor yang masih aktif tumbuh. 

 

Obat-obatan di dalam kemoterapi tumor bisa dengan cara diminum dan bisa dengan cara disuntikan ke tubuh pasien. Dilakukan secara berkala dan dalam beberapa tahapan sampai terapi dinyatakan dokter sudah tuntas. 

  • Terapi

Khusus pada pasien tumor yang mengalami kelainan, maka dokter akan menyarankan untuk pasien menjalani terapi. Terapi ini lebih tepatnya adalah terapi obat dengan memberikan obat-obatan tertentu dalam dosis dan kurun waktu tertentu. Tujuannya untuk memerangi atau mengatasi kelainan yang dialami pasien. 

  • Rehabilitasi 

Pada beberapa jenis tumor, salah satunya adalah tumor otak pasien juga dianjurkan untuk menjalani rehabilitasi. Sebab pasien tumor otak sering dihadapkan pada kondisi turunnya kemampuan dalam melakukan beberapa hal. Misalnya berbicara, sehingga perlu menjalani terapi bicara.  

 

Perawatan Tumor yang Sebaiknya Dilakukan Keluarga 

 

Selain perawatan tumor secara medis, pasien juga perlu mendapatkan perawatan yang tepat dari orang terdekat. Misalnya keluarga yang tinggal dalam satu rumah. Adapun bentuk perawatan yang bisa dilakukan adalah: 

  • Memberi Dampingan Selama Pengobatan 

Perawatan pertama yang bisa dilakukan pihak keluarga kepada pasien tumor adalah memberikan dampingan selama menjalani pengobatan. Pasien tumor pada beberapa kondisi tentu tidak memungkinkan untuk berkunjung sendiri ke rumah sakit. Sehingga perlu dampingan dari pihak keluarga. 

Multiple SclerosisDampingan akan membantu pasien mendapatkan pengobatan yang tepat, rutin, dan juga bebas dari kemungkinan terlambat. Sebab pihak keluarga akan membantu pasien kontrol rutin sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh dokter. Khususnya untuk pasien yang sudah tidak bisa datang ke rumah sakit sendiri, misalnya karena sudah sepuh atau karena faktor lainnya. 

  • Memberikan Dukungan kepada Pasien 

Pada dasarnya, pasien tumor maupun pasien penyakit lainnya mudah sekali stres dan depresi. Apalagi untuk penyakit mematikan yang membuat ruang gerak mereka menjadi terbatas dan menghalangi untuk melakukan rutinitas sehari-hari. 

 

Oleh sebab itu, pihak keluarga yang berada di dekat pasien nyaris selama 24 jam perlu memberi dukungan dan perhatian. Yakinkan selalu bahwa pasien masih memiliki keluarga dan orang-orang yang menyayangi untuk kemudian bisa diandalkan pasien tersebut. 

 

Dukungan ini akan membantu pasien untuk lebih semangat dalam menjalani pengobatan. Kesempatan untuk sembuh kemudian menjadi lebih besar. Apalagi pasien kanker dan tumor cenderung lebih mudah sembuh jika punya semangat tinggi untuk hidup dan sehat kembali. 

  • Memastikan Kebutuhan Pasien Terpenuhi Selama di Rumah 

Perawatan tumor lain yang bisa dilakukan pihak keluarga adalah memastikan kebutuhan pasien terpenuhi dengan baik. Sediakan makanan yang cukup bergizi dan juga secara teratur. Pastikan pasien makan secara teratur untuk bisa mendapatkan nutrisi sekaligus energi. 

 

Pada intinya adalah membantu pasien untuk bisa memenuhi segala kebutuhannya. Tidak hanya dibantu untuk makan teratur, namun juga mandi teratur, minum obat secara teratur, dan lain sebagainya. Pihak keluarga tentu akan diuji kesabarannya pada saat merawat pasien tumor maupun penyakit lainnya. 

 

Namun, jika bukan keluarga sendiri lantas siapa lagi yang bisa merawat pasien tersebut? Menyerahkannya ke pihak rumah sakit memang bisa, namun biaya yang akan ditanggung keluarga tentu sangat tinggi. Oleh sebab itu, penting untuk pihak keluarga membantu merawat pasien dengan baik. 

 

Perawatan tumor secara tepat pada dasarnya tidak hanya dilakukan oleh petugas medis, melainkan juga oleh pihak keluarga. Hal ini tentu lumrah karena memang merawat pasien secara optimal akan susah tanpa dukungan dari keluarga pasien itu sendiri. 

 

Jika butuh bantuan untuk menunjang perawatan tumor pasien di rumah, maka bisa berkonsultasi dengan Konsultan Kesehatan PT Autoimun Care Indonesia. Silahkan menghubungi kontaknya melalui 0822-4199-9699.

 

sumber: 

https://health.kompas.com/read/2020/09/28/103500068/jenis-perawatan-dan-pengobatan-tumor-otak?page=all

https://www.alodokter.com/tumor

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.