5 Cara Mengoptimalkan Masa Pemulihan Pasca Kemoterapi

pemulihan pasca kemoterapi

Last Updated on November 5, 2021 by Autoimuncare

5 Cara Mengoptimalkan Masa Pemulihan Pasca Kemoterapi  | Kemoterapi merupakan salah satu bentuk perjuangan untuk sembuh bagi semua pasien kanker maupun tumor. Perawatan satu ini akan membantu tubuh memerangi sel kanker tanpa perlu menjalani prosedur pembedahan atau operasi. Hanya saja meskipun kemoterapi sangat populer dan banyak diterapkan pada pasien kanker karena efektifitasnya yang tinggi. 

Baca Juga: Mengenal Lebih dalam Tentang Efek Samping atau Bahaya Kemoterapi

Perawatan ini memberikan sejumlah efek samping yang perlu diakui memberi tekanan ekstra bagi pasien yang bersangkutan. Efek samping yang ditimbulkan cukup beragam dan baru akan berhenti ketika kemoterapi sudah selesai. Pasca kemoterapi pun pasien perlu melakukan perawatan tertentu agar lekas pulih. 

Apa saja efek samping dari kemoterapi ini? Kemudian, bagaimana pula perawatan pasca kemoterapi yang tepat agar pasien bisa segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Efek Samping Kemoterapi

Kemoterapi adalah prosedur penanganan kanker dengan memberikan obat-obatan yang bisa memerangi dan menghancurkan sel kanker. Hanya saja obat yang digunakan tidak dapat mengenali mana sel kanker dan mana sel sehat. Akibatnya semua sel di dalam tubuh akan diserang oleh obat ini, dan tentu menimbulkan sejumlah efek samping. Seperti: 

  • Sistem kekebalan tubuh melemah karena obat kemoterapi juga merusak sel-sel kekebalan tubuh. 
  • Mudah mengalami memar dan bahkan mengalami pendarahan yang perlu ditangani lebih intens. 
  • Rambut rontok dan biasanya cukup parah. 
  • Mual dan muntah. 
  • Terjadi gangguan pernafasan, seperti sesak nafas. 
  • Mengalami gangguan pencernaan, umumnya sembelit dan juga diare. 

Efek samping akibat kemoterapi kerap kali membuat pasien kanker merasa frustasi, sehingga perlu dampingan dari orang sekitar. Supaya lebih kuat secara emosional dan fisik untuk melewati semua sesi kemoterapi yang dijadwalkan oleh dokter. 

Pemulihan Pasca Kemoterapi agar Segera Fit Kembali 

Pemulihan pasca kemoterapi menjadi PR selanjutnya bagi pasien kanker, apa saja yang perlu dilakukan? Berikut beberapa diantaranya: 

  • Istirahat yang Cukup 

Istirahat yang cukup penting bagi pasien pasca kemoterapi, yakni dengan tidur minimal 7 jam sehari di waktu malam. Tidur yang cukup tidak hanya membantu memulihkan tenaga yang sempat terforsir setelah dipakai beraktivitas seharian penuh. Namun juga bagus untuk detoks, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengoptimalkan otak. 

Perlu diketahui bahwa tidur di malam hari tidak akan bisa digantikan dengan tidur siang. Jadi usahakan tidak terbiasa begadang dengan tujuan mengganti kekurangan jam tidur dengan tidur siang. Sebab proses regenerasi sel hanya terjadi di malam hari ketika tubuh dalam kondisi istirahat (tidur). 

Regenerasi sel yang berjalan dengan baik akan membantu tubuh bangun dalam kondisi segar dan bugar. Pasien kemoterapi biasanya sering mengeluhkan kelelahan, sehingga mencukupi kebutuhan tidur bisa meredakan efek tersebut. Sudahkah Anda tidur 7 jam sehari? Jika belum, silahkan dibiasakan untuk menunjang proses pemulihan. 

  • Berpikir Positif dan Menghindari Stres

Perlu diketahui bahwa stres merupakan penyebab dari berbagai jenis penyakit, bahkan di tengah pasien kanker kondisi ini disebut sebagai “makanan kanker”. Semakin sering stres maka semakin kecil kemungkinan kemoterapi berjalan dengan baik, oleh sebab itu penting sekali untuk menghindarinya. 

Menghindari stres pasca kemoterapi akan mendukung pemulihan, dan bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Misalnya memilih untuk cuek, sebab terlalu banyak yang dipikirkan justru meningkatkan kemungkinan mengalami stres. Selain itu Anda juga perlu belajar untuk selalu berpikir positif. 

Maksudnya bagaimana? Jadi, dengan tetap berpikir positif dan membuang jauh-jauh segala pikiran negatif akan mengoptimalkan pemulihan pasca kanker. Selain itu, pikiran positif akan membantu mencegah stres sehingga pemulihan menjadi lebih cepat lagi. 

  • Rutin Berolahraga 

Meskipun tengah sakit namun sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk tidak berolahraga sama sekali. Bentuk olahraga pada dasarnya tidak hanya dengan angkat beban dan berada di gym selama berjam-jam. Bahkan berjalan santai sudah termasuk kegiatan olahraga dalam skala ringan. 

Pasien kemoterapi dianjurkan sekali untuk tetap aktif bergerak, misalnya dengan aktif berjalan kaki di pagi maupun sore hari. Ada banyak hal bisa dilakukan selama menjalani kemoterapi dan setelahnya. Semakin banyak aktivitas dilakukan semakin mudah bagi tubuh untuk terus bergerak aktif. 

Hanya saja kenali betul sinyal yang dikirimkan oleh tubuh, bergerak memang bagus namun jika berlebihan akan menjadi sebaliknya. Maka aktif bergerak perlu diatur untuk mencegah tubuh kelelahan karenanya. Silahkan mengatur jadwal olahraga ringan agar tetap sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. 

Olahraga ringan akan membantu memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat penyerapan obat kemoterapi. Selain itu juga mencegah stres dan menjadikan pikiran lebih tenang dan bahagia. Efeknya tentu sangat menguntungkan untuk mendukung masa pemulihan pasca kemoterapi. 

  • Memperbanyak Minum Air Putih 

Kemoterapi adalah proses pengobatan kanker dengan mengkonsumsi atau mendapat injeksi sejumlah obat keras. Obat ini memberikan efek samping yang beragam dan kadang pasien perlu berjuang untuk berdamai dengan efek samping tersebut. 

Supaya efek samping ini segera reda dan bisa dilalui dengan lebih mudah, maka zat-zat obat yang tersisa di tubuh perlu segera dikeluarkan. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan minum air putih yang banyak, supaya metabolisme tubuh maksimal. Penyerapan zat di dalam obat lebih cepat begitupun dengan proses ekskresi sampah dari obat tersebut. 

Obat kemoterapi dalam bentuk infus maupun minum akan lebih cepat keluar dari tubuh dengan minum air yang banyak. Idealnya pasien selama kemoterapi minum setidaknya 3 liter air sehari. Minum sedikit demi sedikit namun sering, bukan banyak sekaligus agar tidak kembung. 

  • Makan Sehat 

Makanan memegang andil penting dalam menunjang proses pemulihan, tidak hanya dari kanker namun juga penyakit lainnya. Apa yang dimakan akan menentukan kondisi tubuh beberapa hari atau bulan mendatang. Semakin sehat makanan tersebut maka semakin sehat pula kondisi tubuh. 

POla makan sehat akan sangat memperhatikan kandungan nutrisi setiap kali makan. Yakni mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan tentunya juga mineral. Ada banyak jenis makanan yang mengandung semua unsur tersebut, dan sebaiknya diolah sendiri. Bagaimana jika tidak sempat? 

Maka bisa menggunakan jasa katering, itu pun perlu dipilih dengan selektif agar menu-menunya sehat. Hal ini penting untuk membantu tubuh mendapatkan asupan nutrisi sesuai kebutuhan sehingga regenerasi sel-sel yang rusak pasca kemoterapi bisa lebih cepat. Tubuh pun lebih mudah untuk bugar kembali dan bisa meminimalkan resiko kanker berkembang lagi. 

Hidup sehat pada dasarnya menjadi kunci untuk mengoptimalkan pemulihan pasca kanker. Detailnya adalah seperti yang dijelaskan di atas, apabila khawatir salah langkah maka bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter. Sehingga paham apa saja yang perlu dilakukan agar pemulihan ini berlangsung cepat. 

sumber:

  • https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/obat/efek-samping-kemoterapi-ini-6-dampaknya-pada-tubuh/ 
  • https://rsuppersahabatan.co.id/artikel/read/perawatan-pasca-kemoterapi-di-rumah-
  • https://www.kalcare.com/artikel/langkah-langkah-agar-tubuh-tetap-fit-pasca-kemoterapi/
  • http://www.theanandic.com/2016/10/fit-kembali-setelah-menjalankan.html

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit, masalah mengenai Kanker kulit dan Obat Kanker.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.