5 Cara untuk Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Efektif

menurunkan berat badan

Last Updated on November 5, 2021 by Autoimuncare

Menurunkan berat badan bagi sebagian orang menjadi sebuah kebutuhan dan bahkan kewajiban. Apalagi jika sudah berada di dalam kondisi obesitas, dimana berat badan berada di angka melebihi angka normal sampai dua kali lipat bahkan lebih. Kemudian sudah mulai merasakan sejumlah masalah kesehatan yang bersumber dari kondisi obesitas tersebut. 

 

Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan biasanya terjadi perlahan, bersumber dari pola makan yang berlebihan. Atau pola makan yang terlalu tinggi asupan lemak sehingga menumpuk menjadi lemak dan menyebabkan obesitas. Mengubah pola makan yang sudah berjalan sekian tahun atau bahkan sejak masih kecil, tentu tidak mudah. Lalu, bagaimana solusinya? 

 

Kenapa Perlu Menurunkan Berat Badan? 

 

Hal pertama yang harus dipahami dulu sebelum proses menurunkan berat badan dilakukan, adalah paham alasan kenapa proses ini perlu dilakukan. Pasalnya, tidak sedikit yang kemudian gagal untuk diet karena merasa terlalu menyiksa dan susah untuk menahan rasa lapar atau mengontrol nafsu makan yang berlebihan. 

gaya hidup sehat
Sumber: freepik

Mencoba menurunkan angka timbangan agar bisa berada di titik normal penting untuk dilakukan, berikut beberapa alasannya: 

  • Menurunkan Resiko Terkena Penyakit 

Mencapai berat badan normal membantu menurunkan resiko terkena penyakit mematikan, termasuk penyakit degeneratif seperti diabetes dan hipertensi. Sehingga menurunkan angka timbangan berat badan sangat membantu meningkatkan kualitas hidup. 

  • Meningkatkan Kualitas Tidur 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The International Society of Endocrinology and Endocrine Society. Menunjukan bahwa orang yang berhasil mengurangi berat badan sebesar 5% dari berat badan aslinya. Mampu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga kesehatan lebih terjaga karena kebutuhan istirahat terpenuhi dengan baik. 

  • Mengurangi Rasa Nyeri 

Bermasalah dengan berat badan berlebih memberi tekanan pada persendian, sehingga memunculkan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Mencegah dan mengatasi rasa nyeri ini tentu saja dengan diet agar berat badan turun secara perlahan. 

  • Kulit Lebih Sehat 

Menjalani diet sehat yang membantu program penurunan berat badan membantu menurunkan resiko terkena psoriasis. Hal ini sesuai dengan hasil studi terbaru, sehingga menurunkan berat badan sangat membantu menjaga kesehatan kulit. 

  • Kehidupan Seks Membaik 

Menurut hasil studi yang dilakukan di Australia, pria yang berhasil menjalani diet penurunan berat badan antara 5-10%. Memiliki peningkatan kualitas kehidupan seksualnya. Sebab libido menjadi membaik dan kemampuan ereksi juga ikut membaik. 

 

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Efektif 

 

Berbagai alasan kenapa program penurunan berat badan perlu diterapkan tentu bisa membangun motivasi. Kemudian, poin selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mencapai berat badan yang terbilang normal. Yakni disesuaikan dengan tinggi badan yang dimiliki dan faktor lainnya yang bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

 

Program diet yang ada di masyarakat sangat banyak mulai dari diet Keto, Vegetarian, Intermittent Fasting, Mayo, dan lain sebagainya. Masing-masing program diet memiliki karakter khas terutama dari segi menu makanan yang disantap. Mengikuti program manapun pada dasarnya sah saja dilakukan. 

 

Hanya saja, jenis diet yang terbukti aman adalah dengan menerapkan 5 hal penting berikut ini: 

  • Menentukan Target Berat Badan 

Cara pertama adalah menentukan target berat badan yang ingin diraih. Misalnya saja saat ini berat badan 100 kg dan untuk berat badan normal ada di angka 50-55 kg. Maka bisa menentukan target di angka 55 kg tadi, untuk sampai di kondisi normal. Menentukan target bisa menjadi motivasi agar semangat diet sampai target tercapai. 

 

Meskipun begitu, usahakan realistis dalam menentukan target penurunan berat badan. Usahakan memilih angka yang normal sesuai dengan jenis kelamin dan tinggi badan yang dimiliki. Menentukan target yang terlalu ekstrim bisa memunculkan tekanan sehingga bisa menyebabkan stres, diare, konstipasi, sampai malnutrisi karena takut untuk makan. 

 

Selain itu, perlu mengatur target penurunan berat badan dalam kurun waktu satu bulan. Idealnya adalah antara 0,5-2 kg per bulan, sehingga usahakan tetap di angka tersebut supaya diet yang dijalani tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya. 

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat 

Supaya lebih mudah untuk mencapai target berat badan di poin pertama, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi makanan sehat. Tentunya dengan menghapus keseluruhan makanan tidak sehat dalam menu sehari-hari. Hal ini akan mempercepat proses menurunkan berat badan. 

 

kesehatan mata
Sumber: freepik

Asupan makanan sehat akan membantu mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh. Sehingga mencegah resiko mengalami malnutrisi, dan penurunan berat badan terjadi secara normal bukannya terlalu ekstrim. Badanpun menjadi lebih sehat dan bugar, sekaligus bebas resiko jatuh sakit akibat diet yang terlalu ekstrim. 

  • Menerapkan Pola Makan yang Teratur 

Diet yang sehat pada dasarnya tidak hanya berhasil membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi juga mampu memperbaiki pola makan, dari yang tadinya tidak teratur menjadi lebih teratur, dari yang tidak sehat menjadi sehat, dan yang tadinya makan berlebihan menjadi lebih terkontrol dan sesuai kebutuhan tubuh. 

manfaat puasa
Sumber : freepik

Inilah alasan kenapa tidak perlu buru-buru menurunkan berat sampai 10 kg dalam sebulan bahkan lebih. Sebab turunnya berat badan dalam tempo cepat tidak akan bisa mengubah pola makan. Ditambah ada resiko efek samping dari diet ekstrim tersebut, seperti jatuh sakit dan malnutrisi. 

 

Jadi, mulailah dengan diet sehat melalui pengaturan pola makan yang teratur. Yakni tetap sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika tidak ada alergi maka tidak perlu memantang diri sendiri untuk makan makanan tertentu. Selama porsinya ditakar maka berat badan tetap akan turun. Apalagi jika memperbanyak makanan sehat yang tinggi serat, tinggi nutrisi, dan rendah lemak. 

  • Berolahraga Secara Rutin 

Banyak yang bertanya, lebih efektif mana antara olahraga teratur dengan membatasi asupan kalori dalam menurunkan berat badan? Sebaiknya tidak memilih salah satu, melainkan menjalankan keduanya. Sebab olahraga rutin efektif membakar kalori berlebih dan artinya mempercepat penurunan berat badan. 

 

Efeknya, tubuh menjadi lebih bugar karena olahraga efektif meningkatkan produksi hormon bahagia dan menstabilkan kadar hormon lain di dalam tubuh. Sedangkan olahraga tanpa didukung pengaturan pola makan agar tidak lagi berlebihan tentu sia-sia. Oleh sebab itu, selain menurunkan porsi makan juga perlu olahraga rutin. 

  • Konsisten 

Cara terakhir agar berhasil mencapai berat badan normal adalah konsisten. Sebagus apapun program diet yang dijalankan, dan sebagus apapun dokter gizi yang mendampinginya. Tentu tidak akan berhasil jika tidak dilakukan secara konsisten. 

 

Sebab diet tidak akan berhasil hanya dalam tempo semalam, apalagi berat badan naik butuh waktu berbulan-bulan. Maka akan sangat aneh dan tidak sehat jika berharap berat badan turun dalam tempo semalam, seminggu, atau bahkan sebulan saja. 

 

Lewat cara-cara di atas maka akan sangat membantu menurunkan berat badan secara sehat dan juga efektif. Jika butuh konsultasi tambahan agar diet semakin lancar dan konsisten. Maka bisa berkonsultasi dengan Konsultan Kesehatan dari PT Autoimun Care Indonesia, yakni dengan menghubungi kontak 0822-4199-9699

 

sumber: 

https://www.alodokter.com/cara-menurunkan-berat-badan-secara-realistis

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696152/4-alasan-kenapa-anda-perlu-menurunkan-berat-badan

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.