Ratusan Mahasiswa Bandung Positif HIV, Tinggal Satu Kost Bisa Kena HIV?

tinggal satu kost dengan penderita HIV
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

HIV merupakan virus yang penyebarannya melalui hubungan seksual. Penyebaran virus HIV bisa melalui cairan mani, vagina, darah, dll. Jadi apakah tinggal serumah dengan penderita HIV atau tinggal satu kost dengan penderita HIV bisa tertular HIV?

Mahasiswa bisa tertular HIV dengan tinggal satu rumah jika melakukan hubungan seksual. Karena virus HIV bisa ditularkan dari berbagai hubungan seksual, Seperti berikut :

1. Melakukan hubungan seksual beresiko

Mahasiswa yang melakukan hubungan seksual tidak menggunakan kontrasepsi atau melakukan hubungan seksual dengan penderita HIV akan lebih berpotensi terkena HIV.

2. Melakukan seks oral

Melakukan seks oral bisa berkemungkinan terkena HIV walau berkemungkinan kecil. Karena virus HIV tertular melalui seks oral ketika penerima positif HIV, kemungkinan besar orang yang memerikan beresiko terinfeksi HIV. Untuk lebih detailnya..

Baca juga Apakah Seks Oral Bisa Menyebabkan HIV?

3. Penularan dari Ibu ke Bayi

Saat melahirkan bayi ibu penderita HIV jika memberikan ASI kepada bayi, maka bayi tersebut berkemungkinan akan terkena virus HIV.

4. Melalui transfusi darah 

Jarang terjadi penyebaran HIV melalui tranfusi darah, dikarenakan ketika seseorang ingin melakukan donor darah, akan dilakukan pengecekan kelayakan donor darah.

5. Memakai jarum suntik bekas

Dikarenakan jarum suntik bekas pakai sudah tidak steril dan tentu sudah terkontaminasi dengan kuman yang dapat menginfeksi tubuh melalui jarum. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan tertular HIV :

  • Jarum menusuk menegnai pembuluh darah
  • Terdapat darah di jarum
  • Kedalaman penusukan jarum

Setelah membaca artikel diatas apakah mahasiswa tinggal serumah dengan penderita HIV atau tinggal 1 kost dapat tertular HIV? Jika Anda sudah melakukan salah satu penularan HIV diatas segera periksa ke dokter untuk melakukan test HIV.

Namun jika Anda takut atau malu, Kami Autoimun Care indonesia menyediakan layanan konsultasi GRATIS untuk permasalahan anda.

Baca juga pertanyaan seputar HIV

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui