Apa Saja Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Gagal Ginjal?

Banyak sekali varian ikan yang boleh dimakan oleh penderita gagal ginjal. Tetapi tidak semua ikan memiliki gizi-gizi sehingga penting untuk memilih ikan bagi penderita gagal ginjal.

Lalu bagaimana cara memilih ikan yang baik dan bergizi untuk diet penderita gagal ginjal? Ada beberapa ikan yang menyediakan jumlah asam lemak omega-3 yang lebih tinggi. Tubuh kita tidak menghasilkan asam lemak omega-3, jadi kita harus mendapatkannya dari makanan kita.

Baca juga Apakah Minum Air Kunyit Bisa Merusak Ginjal? Ini Penjelasannya

Mengapa Ikan Termasuk Superfood?

Ikan adalah sumber protein yang baik tanpa lemak jenuh yang tinggi. Hanya 3 ons porsi ikan dan menyediakan rata-rata 20 gram protein.

ISK

Alasan lain mengapa ikan dianggap sebagai superfood adalah:

  • Ikan sarat dengan vitamin seperti D dan B2 (riboflavin).
  • Ikan merupakan sumber mineral, kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.
  • Ikan berlemak, seperti salmon, adalah beberapa sumber terbaik asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini dikemas dengan manfaat untuk jantung, otak, mata, peradangan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Macam Macam Ikan yang Baik untuk Penderita Gagal Gingal

Berikut adalah macam macam ikan yang boleh dimakan penderita gagal ginjal:

1. Salmon

salmon
Gambar ikan salmon

Salmon adalah salah satu ikan paling populer di menu, dan salah satu yang terkaya di omega-3, vitamin, dan mineral. Namun, itu juga secara alami tinggi kalium dan fosfor, sehingga orang yang gagal ginjal kronis tidak boleh berlebihan dengan ukuran porsi.

2. Tuna

Semua tuna mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Untuk tuna kalengan, minimalkan kadar merkuri dengan memilih ikan bertanda tuna ringan rendah sodium daripada putih atau albacore.

3. Ikan Teri

ikan teri
Gambar ikan teri

Ikan kecil seperti teri dan sarden memberikan lemak baik dan protein sehat dalam dosis besar. Pilih yang segar bila memungkinkan, karena ikan yang diawetkan (termasuk sarden kalengan, asap, dan acar herring) bisa sangat tinggi natrium tambahannya.

4. Kerang-Kerangan

kerang kerangan
gambar kerang kerangan

Kerang seperti udang, kepiting, dan lobster adalah cara yang bagus untuk menambahkan variasi pada pilihan makanan laut Anda. Kerang dikemas dengan protein dan mineral bermanfaat seperti magnesium, selenium, dan seng.

Kidney Friendly Fish for Renal Diets Diakses dari Fresenius kidney care pada tanggal 31 Okt 2022

Which Fish Are Best to Eat with Kidney Disease? Diakses dari National Kidney Foundation pada tanggal 31 Okt 2022

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

jendela periode hiv

Memahami Periode Jendela HIV

Periode jendela untuk tes hiv adalah masa pada waktu antara masuknya virus HIV ke dalam tubuh Anda dan ketika tes dapat mendeteksi HIV di tubuh