Diare HIV Seperti Apa?

Diare HIV merupakan gejala diare kronis, yakni berlangsung berhari-hari hingga berminggu-minggu. Diare kronis seperti ini perlu segera diobati jika tidak akan menimbulkan dehidrasi, kehilangan berat badan dan dampak buruk lainnya. Biasanya, diare pada HIV juga muncul bersamaan dengan gejala lainnya seperti mual, muntah, demam hingga flu. 

Baca juga : Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penyakit HIV bisa saja selalu diawali dengan diare karena diare termasuk salah satu gejala HIV yang sering dialami oleh penderita HIV. Diare merupakan gejala HIV pada tahap infeksi selanjutnya.  

Diare pada HIV bisa terjadi karena efek samping dari konsumsi obat anti-HIV dan obat lainnya seperti antibiotik. Kandungan pada obat anti-HIV, yakni antiretroviral membawa risiko diare. Namun, beberapa kelas antiretroviral lebih memungkinkan untuk menyebabkan diare. Selain diare, obat-obatan tersebut juga menyebabkan mual bahkan sakit perut. 
Demikian informasi mengenai apakah penyakit HIV selalu diawali dengan diare.

ISK

Baca pertanyaan seputar HIV disini

Informasi yang dimuat dalam artikel ini diambil dari berbagai referensi jurnal atau website kesehatan.

7 Symptoms Of The Early Stages Of HIV diaskses pada 5 Oktober 2022

Does HIV Cause Diarrhea? diaskses pada 5 Oktober 2022

Diarrhoea and HIV diaskses pada 5 Oktober 2022

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

jendela periode hiv

Memahami Periode Jendela HIV

Periode jendela untuk tes hiv adalah masa pada waktu antara masuknya virus HIV ke dalam tubuh Anda dan ketika tes dapat mendeteksi HIV di tubuh