Berapa Lama Penderita Gagal Ginjal Bisa Bertahan Hidup?

berapa lama penderita gagal ginjal bisa hidup
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Seberapa lama penderita gagal ginjal bisa bertahan hidup tergantung pada tingkat keparahannya. Namun, banyak penderita gagal ginjal yang bisa bertahan hidup lama tanpa terpengaruh kondisi tersebut. Hal ini karena pasien gagal ginjal yang mencapai stadium lanjut hanya dialami pada sebagian kecil orang.

Gagal ginjal adalah kondisi di mana ginjal tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya dan terjadi dalam jangka panjang. Harapan hidup pada penderita penyakit ini diprediksi dokter dengan memperhatikan stadium, kesehatan umum, dan usia penderita. 

Pada stadium 1 dan 2 penyakit gagal ginjal tergolong ringan sehingga masih bisa bertahan hidup lebih lama. Meskipun demikian, penyakit ini tetap perlu diobati supaya tidak semakin parah. 

Sementara itu, gagal ginjal stadium 3, 4, dan 5 sudah tergolong penyakit yang serius. Pada gagal ginjal stadium 3, pria dan wanita yang berusia 40 tahun memiliki harapan hidup hingga 24 dan 28 tahun setelah didiagnosis. 

Adapun pada gagal ginjal stadium 4, pria dan wanita yang berusia 40 tahun memiliki harapan hidup hingga 14 dan 16 tahun setelah didiagnosis. Sementara itu, pada stadium akhir pasien gagal ginjal pria dan wanita yang berusia 30-35 tahun bisa bertahan hidup hingga 14 dan 13 tahun, meskipun tanpa transplantasi ginjal. 

Jika Anda berusia 70-75 tahun dan menderita gagal ginjal stadium 5 ini tanpa transplantasi, Anda memiliki harapan hidup sekitar 4 tahun. Namun, apabila menjalani transplantasi ginjal dan ginjal cangkokan berfungsi dengan baik, maka Anda dapat memiliki rentang hidup seperti orang normal pada umumnya. 

Jika mengalami keparahan dan tak kunjung sembuh segera periksa ke dokter. Namun jika takut dan malu kami Auotimun Care memiliki fasilitas layanan konsultasi gratis.

baca juga pertanyaan seputar gagal ginjal.

Demikian informasi mengenai berapa lama penderita gagal ginjal bisa bertahan hidup. Informasi yang dimuat dalam artikel ini diambil dari berbagai referensi website kesehatan.

Living with – Chronic kidney disease Diakses dari https://www.nhs.uk/conditions/kidney-disease/living-with/ Pada tanggal 2 September 2022

Kidney Disease Prognosis and Life Expectancy Diakses dari https://www.healthgrades.com/right-care/kidney-disease/kidney-disease-prognosis-and-life-expectancy Pada tanggal 2 September 2022

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui