Berapa Lama HIV Bisa Terdeteksi Setelah Berhubungan?

terinfeksi hiv
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Seseorang atau pasangan yang terdeteksi HIV setelah berhubungan yang beresiko, biasanya HIV akan dapat terdeteksi pada 4-6 minggu setelah kemungkinan terinfeksi. Namun, ada juga sebagian orang mungkin memerlukan waktu lebih lama sekitar 3-6 bulan. Sebagian besar, tes antibodi/antigen sensitif akan memberikan hasil positif dalam 1 bulan. Namun, tes HIV pada 3 dan 6 bulan hampir selalu menunjukkan hasil positif atau negatif pasien HIV. 

Tidak ada tes HIV yang dapat mendeteksi HIV sesegera mungkin setelah infeksi. Jadi, perlu waktu untuk mengetahui hasilnya secara akurat. Masa transisi ini dinamakan periode jendela (window period). Periode tersebut dapat berlangsung 10-90 hari yang bergantung pada respons kekebalan tubuh dan jenis tes yang dilakukan. 

Seseorang yang terpajan HIV harus melakukan tes. Adapun jenis tes HIV sebagai berikut.

  • Tes Asam Nukleat (NAT) 

Tes ini dapat menunjukkan bahwa pasien HIV sudah memiliki infeksi HIV 10-33 hari setelah terpapar. 

  • Tes Antigen/Antibodi

Tes antigen/antibodi yang mengambil darah dari pembuluh vena dapat mendeteksi infeksi HIV 18-45 hari setelah pajanan. Adapun tes yang mengambil darah dari tusukan jari membutuhkan waktu lebih lama untuk mendeteksi HIV dan menunjukkan hasil infeksi HIV berupa 18-90 hari setelah pajanan. 

  • Tes Antibodi

Tes ini memakan waktu 23-90 hari untuk mendeteksi infeksi HIV setelah pajanan. Sebagian besar tes cepat dan tes mandiri adalah tes antibodi. Secara umum, tes antibodi yang menggunakan darah dari vena mendeteksi HIV lebih cepat setelah infeksi daripada tes yang dilakukan dengan darah dari tusukan jari atau cairan oral.

Tes antibodi HIV juga dapat disiapkan dari rumah sebelum akhirnya diteliti di laboratorium dengan menggunakan salah satu sampel berikut ini. 

Adapun kemungkinan besar hasil tes akan akurat jika seseorang menunggu 90 hari untuk melihat apakah antibodi berkembang atau tidak.

Demikian informasi mengenai kapan penularan HIV bisa terdeteksi setelah berhubungan. Informasi yang dimuat dalam artikel ini diambil dari berbagai referensi website kesehatan.

Baca juga kumpulan pertanyaan seputar HIV

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui