Apakah Menelan Sperma Dapat Menularkan HIV?

menelan sperma dapat menularkan hiv
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Menelan sperma dapat menularkan HIV, tapi resikonya rendah.

Oral sex bisa dianggap sebagai penularan lebih rendah untuk HIV. Walaupun menelan sperma dapat meningkatkan resiko penularan, faktor lain juga mempengaruhi tingkat tertularnya HIV.

Apa yang meningkatkan resiko tertularnya HIV saat menelan sperma?

Ada beberapa peluang tertularnya HIV dari menelan sperma tergantung dari situasi berikut:

  1. Jika pria yang positif HIV melakukan ejakulasi di mulut pasangannya selama seks oral berlangsung.
  2. Jika penerima tidak mengkonsumsi obat PrEP akan mempengaruhi tingkat risiko tertularnya HIV.
  3. Berapa lama air mani berada di mulut sebelum ditelan juga akan mempengaruhi tingkat risiko tertularnya HIV.

San Francisco AIDS Foundation menyatakan bahwa tindakan menelan sperma itu aman. Hal ini karena sperma akan langsung masuk ke lambung. Adapun asam lambung dan enzim di kerongkongan membunuh HIV di dalamnya. 

Lalu Bagaimana Cara Untuk Mengurangi Resiko Tertularnya HIV Saat Menelan Sperma?

Jika Anda tidak sengaja menelan air mani, dan takut akan tertularnya HIV, Segeralah ke Dokter untuk mendapatkan resep obat PEP.

PEP adalah pengobatan HIV selama 28 hari yang diberikan kepada orang yang negatif HIV untuk mencegah HIV setelah kemungkinan terpapar.

Silahkan konsultasi ke dokter jika jawaban kurang menyakinkan, Kami juga memberikan fasilitas gratis konsultasi untuk menjaga hidup Anda lebih sehat.

Baca juga pertanyaan seputar HIV

Demikian informasi mengenai apakah menelan sperma dapat menularkan HIV. Informasi yang dimuat dalam artikel ini diambil dari berbagai referensi website kesehatan atau jurnal.

Oral Sex and Infections: Everything You Need to Know Diakses dari https://www.hivplusmag.com/love-sex/2021/11/10/oral-sex-blowjob-std-sti-risk-infection#media-gallery-media-6 Pada tanggal 7 September 2022

Preventing Sexual Transmission of HIV Diakses dari https://www.hiv.gov/hiv-basics/hiv-prevention/reducing-sexual-risk/preventing-sexual-transmission-of-hiv Pada tanggal 7 September 2022

It’s Possible to Get HIV from Swallowing Seminal Fluid — But It’s Unlikely Diakses dari https://www.healthline.com/health/healthy-sex/can-you-get-hiv-from-swallowing-seminal-fluid Pada tanggal 7 September 2022

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui