Apakah Memegang Kondom Bekas Pakai Bisa Menyebakan HIV?

kondom
download ebook kesehatan gratis

Virus HIV tidak ditularkan oleh karena memegang kondom bekas pakai. Kondom bekas yang tidak bocor jika dipegang tidak menularkan HIV.

Namun, apabila tangan yang digunakan untuk memegang kondom bekas dan bocor tersebut memiliki luka dan terkena cairan sperma dalam kondom tersebut, maka dapat tertular HIV. Meskipun demikian, risiko tertularnya kecil. 

Cairan sperma memang dapat menularkan HIV. Akan tetapi, jika berhubungan seks menggunakan kondom, risiko penularannya rendah.

Dari pada memegang kondom bekas pakai dengan tangan secara langsung, Anda bisa menggunakan cara lain yang lebih baik supaya tindakan ini tidak berisiko menularkan HIV. Anda mungkin bisa menggunakan tisu, kertas atau plastik. Dengan begitu, kemungkinan tangan atau  luka yang terkena cairan sperma dalam kondom tersebut dapat dihindari. 

Baca juga pertanyaan seputar HIV yang munkin pertanyaan Anda ada disini.


Demikian informasi mengenai apakah memegang kondom bekas pakai dapat menularkan HIV. Informasi yang dimuat dalam artikel ini diambil dari berbagai referensi website kesehatan.

HIV and AIDS – Prevention – NHS Diakses dari https://www.nhs.uk/conditions/hiv-and-aids/prevention/ Pada 13 September 2022

External (male) condoms Diakses dari https://www.beintheknow.org/sex-and-relationships/preventing-pregnancy/external-male-condoms Pada 13 September 2022

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui