Apakah Masturbasi Bisa Menyebabkan HIV?

masturbasi dapat menyebabkan hiv
download ebook kesehatan gratis

Yang perlu Anda ketahui sebelumnya penyebaran virus HIV bisa melalui hubungan seksual beresiko, melalui darah, melalui cairan sperma dan vagina. Lalu Apakah Masturbasi Bisa Menyebabkan HIV?

Masturbasi bukan termasuk kegiatan yang dapat menularkan HIV. Hal ini karena cairan sperma atau vagina bisa menularkan HIV jika dikeluarkan lewat hubungan seksual dengan orang lain, bukan dengan diri sendiri (masturbasi/onani).

Organisasi AIDS nirlaba bernama GMHC juga menyatakan bahwa masturbasi, berciuman atau kontak antara kulit dengan air mani/cairan vagina tidak menimbulkan risiko penularan HIV yang signifikan. 

Sementara itu, James D. Shelton dalam jurnalnya yang berjudul Masturbation: Breaking the Silence justru mengemukakan manfaat khusus dari masturbasi (termasuk masturbasi bersama) di sejumlah arena intervensi HIV tertentu.

Lalu Apa Efek Melakukan Masturbasi?

Ada efek positif masturbasi dan efek negatif masturbasi:

Efek positif : Menyebabkan beberapa hormon pada tubuh keluar yaitu: Dopamin, endorfin, dan oksitosin semuanya disebut “hormon kebahagiaan” yang dapat menguri stres.

Efek negatif : Dapat menimbulkan rasa bersalah, menggangu kehidupan seksual, mencederai alat vital, dan menyebabkan kecanduan.

Masutrbasi Menurut Sosial dan Spiritual

Masturbasi adalah aktifitas seksual yang menurut sebagian masyarakat hal yang tabu tapi sebagian masyarakat. Dan menurut beberapa agama melakukan masturbasi adalah dosa.

Beberapa masyarakat mempercayai bahwa wanita yang melakukan masturbasi tidak bermoral. Banyak juga isu tentang efek negatif melakukan masturbasi.

Jika Anda mengalami cemas, malu, bermasalah setelah melakukan masturbasi. Anda tidak perlu melakukan masturbasi lagi karena keyakinan Anda. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk masalah ini.

Demikian informasi mengenai apakah masturbasi dapat menyebabkan HIV. Informasi yang dimuat dalam artikel ini diperoleh dari berbagai referensi website kesehatan

Baca juga pertanyaan seputar HIV

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui